Penjelasan Kenapa Langit Berwarna Biru

Melansir Casino Online, untuk memahami mengapa langit berwarna biru, kamu perlu memahami bagaimana cahaya matahari masuk ke atmosfer bumi dan berinteraksi dengan berbagai partikel gas yang ada di atmosfer bumi.

Cahaya matahari terlihat seperti warna putih. Namun, ternyata cahaya matahari terdiri dari berbagai warna yang berbeda yang https://lacascinadadiego.com/ bisa kita lihat saat terbentuknya pelangi.

Setiap warna yang ada di cahaya matahari memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda. Cahaya dengan panjang gelombang terpanjang adalah cahaya merah. Sedangkan cahaya dengan panjang gelombang terpendek adalah cahaya biru dan ungu.

Namun, langit kita tidak berwarna ungu karena sebagian besar cahaya warna ungu sudah diserap oleh atmosfer bumi. Warna berikutnya adalah cahaya biru.

Cahaya matahari yang mencapai atmosfer Bumi akan dihamburkan atau dibelokkan oleh molekul-molekul kecil gas di udara.

Karena molekul-molekul ini jauh lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya, jumlah hamburan tergantung pada panjang gelombang.

Efek ini disebut hamburan Rayleigh, sesuai dengan nama sosok ilmuan penemunya, Lord Rayleigh.

Panjang gelombang yang lebih pendek yakni ungu dan biru tersebar paling kuat, sehingga lebih banyak cahaya biru yang dihamburkan ke mata kita daripada warna lainnya.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa langit tidak terlihat ungu meskipun cahaya ungu tersebar lebih kuat daripada biru. Ini karena mata kita jauh lebih sensitif terhadap warna biru.

Hal ini terjadi karena cahaya matahari semakin menjauh, sehingga sebaran cahaya biru pun mulai berkurang.

Berdasarkan Caritahu.kontan.id, permukaan Bumi yang bulat juga berperan dalam menghamburkan dan memantulkan cahaya tersebut.

Sebagai hasil dari peningkatan jumlah hamburan ini, dominasi cahaya biru berkurang dan kita bisa melihat peningkatan jumlah cahaya putih.

seers cmp badge