Fakta Menarik Seputar Jenggot

Tampil dengan jenggot atau brewok kini banyak menjadi rolet online pilihan para pria karena dianggap mampu memperkuat kesan maskulin. Tak hanya menopang penampilan, dalam ajaran Islam bahkan seorang pria disarankan untuk 'memelihara' jenggot lantaran jenggot merupakan sunnah Nabi.

1. Memberikan efek maskulin
Dikutip dari laman BBC News, penelitian dalam jurnal Evolution and Human Behaviour mengungkapkan bahwa semakin lebat jenggot seorang pria, maka ia akan tampak semakin maskulin. Riset tersebut melibatkan 351 responden wanita dan 177 responden pria. Para responden diminta melihat 10 foto pria dengan penampilan wajah berbeda-beda, mulai dari yang mulus https://kitchen-supreme.com/ hingga berjenggot lebat. Hasilnya, pria yang dianggap paling menarik oleh wanita adalah pria yang paling tebal jenggotnya.

2. Menjaga kesehatan kulit wajah
Area kulit dibalik jenggot seorang pria cenderung akan lebih sehat. Jenggot 'mencegah' pria untuk menyentuh area wajahnya terlalu sering.

3. Mencegah kanker dan membuat awet muda
Menurut riset yang dilakukan oleh Universitas Southern Queensland, memiliki jenggot justru mampu membuat pria awet muda. Hal ini disebabkan jenggot pria bisa menghambat 95 persen paparan sinar UV. Paparan sinar UV yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan terjadinya penuaan dini. Nah, dengan berjenggot pria mampu mencegah risiko keduanya.

4. Mampu menangkal batuk
Ketika Anda berada dalam kondisi cuaca yang dingin, jenggot yang lebat dapat menahan udara dingin serta menaikkan suhu di sekitar leher. Dengan demikian risiko sakit batuk dapat dicegah.

5. Jadwal bercukur pria
Dikutip dari BBC News, pria berusia 18 sampai 24 tahun mencukur jenggot setidaknya empat kali dalam seminggu. Waktu yang dihabiskan seorang pria untuk bercukur rata-rata adalah 3,5 menit. Sekitar 84 persen pria melakukan aktivitas bercukur di wastafel, dan 15 persen lainnya bercukur di bawah shower atau bathtub.

6. Menjadikan pria terlihat dewasa
Disamping memberikan efek maskulin, di mata wanita ternyata jenggot juga membuat pria terlihat lebih matang dan dewasa. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh ahli bedah transplantasi rambut, Asim Shahmalak, wanita menilai penampilan pria berjenggot lebih dewasa dan bijaksana.

7. Pemilik jenggot terpanjang
Untuk diketahui, pemegang rekor sebagai pemilik jenggot terpanjang di dunia saat ini adalah seorang pria India bernama Shamsher Singh. Pada tahun 1997, jenggotnya yang memiliki panjang hingga 1,83 meter dinobatkan sebagai yang terpanjang di dunia.

seers cmp badge